Pemahaman Alkitab Wilayah XI bulan Agustus 2019

Dituliskan oleh: Sidharto (Koordinator PA WIlayah XI)

Kegiatan Pemahaman Alkitab (PA) Wilayah di GKI Kebayoran Baru dilaksanakan sebulan sekali sebagai wadah untuk mempelajari Firman Tuhan secara bersama-sama.  Dalam kegiatan persekutuan ini, jemaat bisa saling mengenal, mendoakan, peduli bahkan berbagi pengalaman iman.

Di Wilayah XI, wilayah di mana saya menjadi bagiannya, PA di bulan Agustus lalu jatuh di hari Sabtu tanggal 31 Agustus 2019.  Kali ini dilaksanakan di kediaman keluarga Reinhart Simanjuntak.  Kegiatan yang berlangsung dari pukul 9 pagi – 12 siang ini dihadiri oleh 30 orang jemaat.  Bapak Pendeta Tohom M. Pardede, selaku pendeta pendamping, beserta dengan 3 orang penatua dari Wilayah XI hadir siang itu.  PA dipimpin oleh Ibu Ida Lestari dengan mengambil tema “Kristus Telah Memerdekakan Kita” dengan ayat dari Galatia 5:1-15. 

Jumlah kehadiran di PA tersebut memang masih jauh dari yang diharapkan.  Ada sekitar 650 jemaat dewasa di wilayah kami. Jadi, tidak sampai 5% yang hadir saat itu. Jemaat muda, khususnya keluarga muda, nyaris tidak hadir di acara persekutuan wilayah. Padahal, persekutuan inter generasi sangat dibutuhkan untuk dapat saling menguatkan.

Saat mendengarkan pemimpin PA menyampaikan renungannya, seringkali jemaat duduk dalam hening.  Di sinilah peran pemimpin yang aktif dibutuhkan, agar suasana menjadi akrab dan hidup sehingga tercipta forum diskusi yang membangun. Suasana diskusi yang akrab dan interaktif serta kesediaan untuk mendengarkan; baik dari jemaat maupun pemimpin PA.  PA wilayah memang tidak dimaksudkan sebagai kuliah teologi, walaupun ada nuansa belajar namun penekanannya adalah terciptanya suasana persekutuan (guyup) antar anggota jemaat.

Inilah yang senantiasa kami upayakan, sebuah persekutuan yang akrab dan saling membangun.   Jika hal ini tidak tercapai, kemana lagi jemaat akan menikmati  dan mengalami suasana persekutuan? Masing-masing pihak perlu berkontribusi, tidak semata-mata hanya mengandalkan peran pengurus.     

%d bloggers like this: