Terang Manusia

Bacaan: Yohanes 1: 1- 5

“Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.” (Yohanes 1: 4)

Salah satu cara memperkenalkan bahwa hidup manusia itu luar biasa, Injil Yohanes menyebutnya dengan terang manusia.

Apa artinya?

Pertama, hidup adalah eksistensi atau penyataan atau pewahyuan dari manusia itu sendiri. Hidup adalah bukti manusia itu dinamis, berkualitas, sangat baik dan memiliki daya cipta sesuai gambar-Nya. Manusia bukan hanya sekadar bernafas, bekerja dan melayani.

Kedua, manusia yang hidup adalah pancaran ilahi. Semua penampilan manusia semata menampilkan eksistensi ilahi. Yang tampak bukan hanya penampilan jasmani, tetapi juga tampilan rohani. Sebab yang membuat manusia hidup bukan hanya memiliki kelengkapan organ tubuh, kesempurnaan otak, kecerdasan atau pun kepintaran, tetapi juga roh. Justru ini yang kerapkali diabaikan oleh manusia itu sendiri. Manusia hanya menjadi pancaran ilahi, jika dia memperhatikan rohnya sendiri dan roh yang ada di dalam manusia lainnya.

Ketiga, hidup manusia dan manusia yang hidup bukan hanya berasal dari Tuhan, dari Firman, tetapi juga di dalam DIA. Oleh sebab berasal dari Dia, maka Roh-Nya yang kudus, Roh Kudus tinggal hidup di dalam kita. Manusia yang hidup, yang dinamis, yang berkualitas itu, selain memiliki roh, dia juga dipimpin dan dikuasai oleh Roh Tuhan, sebagai meterai bahwa manusia bukan miliknya sendiri, tetapi milik Tuhan dengan tanda bukti nafas (roh) yang dihembuskan Tuhan kepadanya (band. Kej. 2: 7). Meterai Roh Kudus inilah yang wajib diingat oleh manusia untuk selalu tampil berkualitas sebagai manusia yang hidup, bukan yang mati.

Jangan biarkan satu hal pun dalam hidupmu membuat terangmu redup!

Hiduplah selayaknya seperti yang empunya kehidupan telah datang dalam hidupmu!

Hiduplah sepatutnya seperti mau-Nya bukan maumu!

Hiduplah dalam kehidupan yang menghidupkan dan memungkinkan alam semesta merasakan hidup sehingga seluruh ciptaan layak merayakan kehidupan yang bersumber dari Tuhan yang HIDUP!

Amin

(pastori 120418-07:06)

 

%d bloggers like this: