Merajut Tenun Keselamatan Membentangi Sumba

Mission Trips GKI KB

Oleh: Dita Maharani

GKI Kebayoran Baru (GKI KB) berkomitmen untuk menjadi gereja yang berkarya bagi seluruh umat. Pada tahun 2017 ini GKI KB memulai sebuah program kesaksian dan pelayanan yang untuk menjangkau umat Allah di berbagai daerah melalui beberapa perjalanan misi atau Mission Trips. Tujuan utama program ini adalah membangun persekutuan yang saling memberdayakan antar umat Kristus di manapun berada. Program ini bersifat terpadu dengan melibatkan berbagai unsur di dalam jemaat untuk mewujudkan kegiatan pelayanan yang tidak hanya bersifat karitatif namun juga reformatif dan transformatif.

Mission Trips pertama dimulai pada bulan Juli 2017 di Pulau Sumba. Wilayah Sumba masih merupakan salah satu daerah namun menjadi peluang bagi jemaat GKI KB untuk melakukan kegiatan kesaksian dan pelayanan. Kegiatan tersebut diharapkan dapat berkontribusi untuk menjawab kebutuhan masyarakat Sumba baik secara fisik, mental, dan spiritual.

Dalam Mission Trips kali ini, GKI KB bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Teologi Gereja Kristen Sumba (STT GKS) dan jemaat GKS di beberapa daerah yang masih bergumul dengan permasalahan sosialsosial, terutama ekonomi dan pendidikan. Berbagai kegiatan program ini antara lain, penyelesaian pembangunan gedung gereja dan taman bacaan, kegiatan pembinaan jemaat, dan pengembangan kapasitas, seperti lokakarya terkait isu-isu sosial dan pelatihan ekonomi kreatif. Dengan demikian, dampak yang dihasilkan diharapkan dapat benar-benar bermanfaat secara berkelanjutan dan mewujudkan persekutuan yang semakin erat dan saling membangun.

Dengan potensi dan talenta yang telah diberikan Tuhan bagi kita, jemaat dan simpatisan GKI Kebayoran Baru diundang untuk berpartisipasi dalam pelayanan ini, baik dalam bentuk doa, daya (keahlian / keterampilan), ataupun dukungan materi (Alkitab / buku-buku atau dana). Mission Trips pertama ini semoga dapat menjadi model percontohan (pilot project) untuk kegiatan selanjutnya di wilayah-wilayah lain di Indonesia.

Keterlibatan kita dalam pelayanan ini bukan karena kita lebih hebat dari orang-orang yang kita layani, namun kita diberi kesempatan untuk turut berperan dan mengalami karya Allah dalam persekutuan sebagai satu tubuh Kristus (Ibrani 13:20-21). Kiranya Tuhan memberkati pelayanan kita melalui kegiatan Mission Trips ini.


(Dimuat di Majalah Sahabat Vol.2 Mei 2017)

%d bloggers like this: